Selasa, 31 Agustus 2010

Keuntungan menggunakan cat waterbase

Sebelum berfikir untuk memilih bahan apa yang akan digunakan ? Teknik apa yang tepat serta langkah langkah persiapan yang lain iniadalah pertanyaan dasar yang harus diketahui lebih dahulu.
Mengapa suatu benda harus dicat atau dilapisi (coating)?
Pada dasarnya seseorang mengecat benda secara umum memiliki dua tujuan utama yaitutujuan esthetical dan tujuan preservative
Tujuan esthetical
Suatu benda akan dicat dengan tujuan agar benda tersebut lebih indah, agar warnanya sesuai dengan yang diinginkan, agar permukaanya lebih halus dan mengkilap atau bahkan pada beberapa teknik pengecatan FAUX sebuah benda dicat agar menyerupai benda lain, misalnya dinding semen dibuat agar mengerupai batu marmer, kayu dibuat seperti lapuk dan terlihat klasik.
Berbagai tujuan tersebut pada dasarnya adalah ingin meningkatkan nilai keindahan barang. Oleh karena itu sebuah bahan cat dibuat berwarna warni agar sesuai dengan keinginan pengguna, base coat, primercoat, atau sanding sealer di buat untuk memperbaiki tektur permukaan barang. Glaze dibuat untuk menciptakan efek atau gradasi warna dan topcoat dibuat dengan berbagai fariasi kilap cahaya dari matt sampai high gloss.
Tujuan preservative
alasan lain suatu benda akan dicat atau dilapisi adalah agar lebih awet, agar lebih tahan jamur, agar tidak mudah diserang serangga, agar tidak mudah lapuk, agar tidak berkarat dan agar tidak mudah rusak atau berbagai alasan lain yang pada dasarnya bertujuan melindungi benda tersebut agar lebih tahan lama atau awet. Berbagai alasan dan tujuan ini dapat kita kelompokkan dan kita sebut sebagai tujuan preservative.
Untuk memenuhi berbagai alas an dan tujuan preservative tersebut, maka sebuah bahan pelapis harus diformulasikan agar memiliki sifat perlindungan terhadap berbagai factor perusak sesuai dengan sifat, kebutuhan dan kegunaan benda yang dicat atau dilapisi.
Seringkali jenis cat atau bahan pelapis dibuat untuk memenuhi kedua tujuan tersebut sekaligus baik untuk tujuan estetika maupun untuk tujuan preservative

Menurut saudara apa keuntunagn cat  waterbase di bandngkan cat minyak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar